Ulasan Jelang Pertandingan: Barcelona vs Milan

Posted by on March 12, 2013

Ulasan Jelang Pertandingan: Barcelona vs MilanEl Shaarawy dibayangi oleh Messi di leg pertama. (Getty Images/Claudio Villa)

Ditulis oleh: Aditya Nugroho

Barcelona punya misi sulit membalikkan defisit dua gol atas Milan di leg kedua Liga Champions yang akan berlangsung Rabu (13/3) dinihari WIB. Meski pertandingan akan berlangsung di Stadion Camp Nou, namun menghadapi tim yang telah memiliki penangkal serangan mereka bukanlah pekerjaan mudah.

Di leg pertama, Milan seperti memiliki semua hal yang diperlukan untuk menangkal permainan khas tiki-taka Barcelona. Mereka bermain disiplin menutup setiap jengkal ruang gerak para pemain Barca.

Dengan kedisiplinan itu, Milan kemudian menghukum Blaugrana melalui serangan cepat yang efektif terutama memanfaatkan ruang kosong yang ditinggalkan oleh dua pemain belakang Barca, Dani Alves dan Jordi Alba. Kevin-Prince Boateng dan El Shaarawy yang cepat dan kuat adalah senjata tepat untuk menamatkan perlawanan Barcelona.

Banyak yang memprediksi pertandingan leg kedua akan berlangsung sama. Barcelona seperti biasa akan mendominasi penguasaan bola dan mengurung Milan melalui kemampuan memainkan bola dari kaki ke kaki yang memang sudah mendarah-daging. Namun kali ini tekanan besar menghinggapi kubu tuan rumah.

Kinerja pelatih pengganti sementara Tito Vilanova yaitu Jordi Roura mulai dipertanyakan. Namun kubu Barcelona tidak bisa menyalahkan Roura atas rentetan periode negatif ini. Dengan pengalamannya yang masih hijau sebagai pelatih, memang sulit mengharapkan Roura langsung menyamai level Vilanova.

Prediksi

Penampilan ciamik Barca yang hanya sekali kalah di La Liga dalam 25 pekan membuat kejayaannya seolah sudah di depan mata. Namun ketika gelar Copa Del Rey lepas, eksistensi di Liga Champions terancam, dan kalah dari Real Madrid di pekan 26, semua bayangan kejayaan itu berubah jadi keraguan. Di sepanjang bulan Februari 2013 lalu saja, Barca sudah kalah tiga kali.

Milan akan memainkan strategi yang sama seperti di laga pertama. Mereka memang bertahan, namun tidak bertahan total. Mereka tidak menunggu, namun juga menekan, menjauhkan Lionel Messi dari daerah penalti, juga mengganggu Xavi dan Iniesta dalam membangun serangan. Kepercayaan diri Rossoneri tentu saja sedang tinggi-tingginya karena permainan mereka memang terus membaik dari waktu ke waktu.

Namun Barcelona tetaplah Barcelona. Reputasi sebagai tim terbaik dunia saat ini bukanlah pencapaian sembarangan.

Terkait pengejaran defisit gol ini, Barcelona dapat mencontoh kisah Deportivo La Coruna ketika mereka membalikkan ketertinggalan 1-4 di San Siro menjadi kemenangan 4-0 di Riazor di kompetisi Liga Champions tahun 2004 lalu. Peluang masih terbuka bagi Barcelona.

Ulasan Taktik

Barcelona, seperti biasa, akan tampil dengan kekuatan penuh. Roura perlu mempertimbangkan untuk memasang David Villa di lini depan menemani Messi dan Pedro. Ketajaman El Guaje boleh jadi menjadi faktor yang dibutuhkan Barcelona karena pemain ini memiliki tendangan akurat yang bisa memecah kebuntuan di saat serangan Barca macet.

Di kubu Milan, mereka perlu meredam euforia berlebih karena sesungguhnya mereka belum mendapatkan apa pun. Sikap yang tepat dan ketangguhan mental dalam menghadapi teror di Camp Nou adalah ujian besar yang harus mereka lalui agar terus melaju sejauh mungkin.

Riccardo Montolivo akan menjadi pemain kunci karena efektivitas serangan Milan akan banyak bergantung padanya. Kemampuannya mengalirkan bola ke sayap maupun langsung kepada penyerang tengah akan menentukan arah permainan Milan. Kombinasinya bersama Sulley Muntari dan Massimo Ambrosini di laga pertama sangat efektif dalam meredam ancaman yang dimulai dari Xavi dan Iniesta.

Ambrosini kemungkinan akan kembali dipasang di depan lini pertahanan. Agresivitas sekaligus pengalamannya dibutuhkan Milan untuk menjadi filter lini pertahanan. Kemampuannya merebut bola dan memotong umpan lawan akan berharga bagi Milan.

Milan boleh jadi terganggu dengan kondisi pemain-pemain kunci mereka, Philippe Mexes dan Giampaolo Pazzini. Kedua pemain andalan lini belakang dan depan ini mengalami cedera pada pertandingan lawan Genoa yang dimenangi Rossoneri dua gol tanpa balas ini.

Mexes memang dikabarkan siap tampil di Camp Nou, namun tidak dengan Pazzini. Kondisi Pazzini masih belum membaik setelah cedera di pertandingan lawan Genoa tersebut. Ketiadaan sang striker di lini depan jelas akan merugikan mengingat ketajaman pemain ini tengah memasuki masa-masa terbaiknya.

Allegri masih memiliki Robinho, M’baye Niang, dan juga eks Barca Bojan Krkic di posisi ini.

Ketiganya memiliki kecepatan dan keahlian mumpuni yang dapat membahayakan pertahanan Barcelona lewat serangan balik.

Menurut Anda siapa yang akan menang?

BACA JUGA:

Analisis Mengapa Permainan Barcelona Menurun

Rasa Bosan dan Jenuh Mulai Menghinggapi Pemain Barca?

Milan Memberi Contoh Cara Mengalahkan Barcelona

Setan Merah Kalah karena Kartu Merah Nani, Kecerobohan Sir Alex atau Kecerdikan Mou?

Pembuktian Pemain Termahal di Indonesia

Roy Suryo Sempat Menolak Tawaran Presiden SBY

Sumber: – http://id.berita.yahoo.com/

Ulasan Jelang Pertandingan: Barcelona Vs Milan

Prediksi bola, berita bola, jadwal sepak bola, hasil, Dapatkan info berita bola terkini, prediksi sepak bola, jadwal sepak bola, hasil pertandingan, klasemen liga, live score, piala dunia. Jadwal siaran langsung tv sepakbola | berita sepakbola, Prediksi bola celta vigo vs real betis tanggal 25 januari 2014. 01.24.2014 4:56 pm | 0 comment prediksi agenbola99 pertemuan terakhir untuk kedua tim tersebut dimana. Prediksi bola - berita olahraga - jadwal pertandingan, Informasi terbaru seputar dunia bola, prediksi skor pertandingan sepakbola hari ini , jadwal pertandingan dan berita olahraga.

Prediksi bola - bolaliar.com : prediksi bola no. 1, Gattuso ingin melatih ac milan. bolaliar.com . berita bola. gennaro gattuso memiliki pemandangan untuk menjadi pelatih ac milan di masa depan setelah keraguan tentang. Formulasi produk dan pendidikan kimia industri indonesia, "kalau semua partai islam bersatu, suaranya sudah sampai 31 persen. ini bisa pilihannya kita ajukan capres atau bisa menjadi posisi tawar bagi partai nasionalis. Inter club indonesia - official fc inter supporters club, Milan – baru didatangkan fc internazionale pada tengah musim lalu, penampilan bek sayap danilo d’ambrosio terlihat sudah ‘nyetel’ dengan pola permainan yang.

Referensi:
  • www.ulasbola.com
  • www.kilasbola.com
  • prediksi-bola-terjitu.blogspot.com
Rating : 4.5 based on 17 Customer Reviews

Tags: , , , ,

Category: Teraktual

About the Author ()

Comments are closed.

You might also likeclose